Selasa, 26 Maret 2013

Filled Under:

4 tips jitu menghadapi ujian harian dan ujian nasional

Ujian sekolah dan ujian nasional adalah hal yang sangat menakutkan bagi siswa. kedua hal tersebut ibarat seuah beban yang harus segera di selesaikan. sebenarnya ada yang salah dengan metode yang  di gunakan dalam pengajaran dan dalam belajar. terkadang siswa tidak mau belajar secara rutin setiap hari untuk memahami materi namun lebih memilih belajar instan. yaitu belajar semalam suntuk saat ada ujian atau ulangan. sebenarnya itu hal yang tak sepatutnya di lanjutkan dan di tiru oleh generasi sekarang. bagaimana agar belajar cepat paham dan mengerti?

Ujian nasional dan uts

Berikut tips belajar yang saya terapkan dalam memahami pelajaran di sekolah. semoga saja tips ini bisa membantu teman teman dalam belajar. 

  1. patuhlah pada orang tua - mungkin teman teman akan berpikir, apa hubungan taat dengan ayah dan ibu dan belajar? tentu saja ada. membantu orang tua adalah hal wajib bagi seorang anak. tiu adalah suatu tindakan untuk menyenangkan hati orang tua kita. ketika orang tua senang maka rodho dari beliau akan tercurah kepada kita. sehingga dalam setiap doa akan di selipkan nama kita supaya bisa lancar dalam pendidikan. ridho itu yang utama. tanpa restu dari mereka keberhasilan akan terasa sangatlah jauh. jadi pertama kali yang harus dilakukan dalam proses belajar adalah membahagiakan hati orang tua.  banyak cara yang bisa dilakukan. misal membnatu ayah berdagang, membantu ibu mencuci piring atau kegiatan yang lain yang mampu kita kerjakan.
  2. jadilah tempat bertanya bagi teman yang lain - ketika ilmu itu di bagi kepada yang lain maka ilmu itu akan bertambah. tidak seperti uang. kalau uang di bagi bagikan kepada orang lain kan semakin berkurang . tetapi ilmu justru akan semakin melekat di kepala kita. selain itu kalau ada teman yang bertanya kepada kita pasti kita akan berusaha untuk memahami betul materi yang teman tanyakan. nah di sana secara alami timbul keinginan untuk belajar. dan lagi kita akan semakin akrab dengan kawan kawan kita di kelas.
  3. senangilah guru dan mapel - dua pilihan yang sulit. terkadang gurunya membuat kita semangat belajar tapi pelajarannya tidak kita sukai. atau kebalikannya. materi itu ita senangi tapi pengajar tak terlalu pas di hati. solusi yang terbaik yang saya tahu adalah suakai keduanya karena ada kata bijak seperti ini : "cintailah pekerjaanmu dan kerjakanlah apa yang kamu cintai"  jadi seperti apapun penampilan atau cara mengajar yang kita terima tumbuhkanlah semangat untuk belajar. ketika menghadapi guru yang killer contohnya, kita bisa sering mengajukan pertanyaan kepada beliau tentang materi yang sedang di jelaskan. atau menanyakan tentang hal yang sedikit keluar dari materi tapi bisa membuat suasana lebih menyenangkan untuk belajar.  
  4.  bergaulah dengan semua teman - trik ini juga lumayan manjur. logikanya adalah jika kita bisa berbincang dengan teman mana saja maka pengetahuan yang kita dapat juga semain banyak. dan dari sana kita bisa mulai berbincang mengenai hal hal atau mapel yang belum kita mengerti betul. tai resiko ini basanya menimbukan kecemburuan terhadap kawan karib. atau teman 1 bangku. maka pandai pandailah dalam bergaul agar dapat memaksimalkan ilmu yang bisa kita raih dari teman teman kita.


    itulah 4 tips agar belajar kita bisa masuk dan sukses mengahadapi ujian atau ulangan harian. sebanarnya masih banyak yang ingin saya tuliskan namun untuk sementara ini dirasa cukup sampai disini saja dulu. to be continue





0 komentar:

Posting Komentar